Translate

Rabu, 18 Maret 2015

Semua Ada Waktunya

Pada tulisan ini saya ingin menyampaikan sebuah materi yang cukup bagus untuk dijadikan inspirasi.

Ada sebuah foto yang saya temukan di dalam salah satu media sosial. Foto tersebut berisikan 2 gambar.
Berikut adalah foto yang saya maksudkan :

Contoh Foto

Di foto pertama ada sekumpulan pelajar terlihat sedang berkelahi/tawuran dan di dalam gambar tersebut ada kata-kata yang kasar. (Bisa anda lihat di dalam gambar tersebut) .


Di foto yang kedua ada seekor monyet sedang berkelahi dengan seekor anjing dan di dalam gambar tersebut ada kata-kata yang bisa anda lihat sendiri.





Pada awalnya saya tertawa melihat foto tersebut namun entah mengapa hati saya seperti terketuk, tersentuh dan terenyuh melihat foto tersebut. Maka dari itu saya coba untuk meneliti, mencermati, menelaah dan mengelaborasi pada foto tersebut.

Ada beberapa kata bijak yang sampai saat ini masih saya pegang teguh di dalam kehidupan saya sehari-hari yaitu " Semua Ada Waktunya " / " Semua Ada Masanya " .
Tidak selamanya orang akan selalu di atas, tidak selamanya orang akan selalu di bawah.
Tidak selamanya orang akan bekerja. Pasti semua orang akan merasakan pensiun juga.
Tidak selamanya kita akan muda, pasti kita akan tua juga.
Tidak selamanya kita akan single/jomblo, pasti kita akan menikah juga.

Di dalam setiap masa pasti ada turunannya, ada bagiannya, ada unsurnya dan ada parsialnya yaitu "Kenangan".
Setiap orang pasti mempunyai kenangan. Entah itu kenangan yang baik, kenangan yang buruk, kenangan yang jahat, kenangan yang lucu, kenangan yang indah ataupun kenangan yang lainnya baik dengan keluarga, pasangan, orang tua, tetangga, teman kerja atau pun dengan orang lain.

Di dalam setiap kenangan pasti ada turunannya dan ada bagiannya yakni "Perbuatan/Tindakan".

Tindakan/perbuatanlah yang menentukan kita mempunyai kualitas baik/buruknya kita mempunyai Kenangan dan tentu saja baik/buruknya Masa-masa kita.

Hal itu sudah menjadi rumus otomatis di dalam kehidupan kita :

Perbuatan  ->  Kenangan  ->  Masa

Lalu apa relevansi antara kata-kata bijak yang saya sampaikan dengan sebuah foto yang saya paparkan ?
Pesan moral apa yang ingin saya sampaikan pada tulisan saya kali ini ?

Banyak interpretasi yang teman-teman pasti dapatkan dalam sebuah foto tersebut.
Seperti contohnya adalah Jangan menggunakan kekerasan, Jangan emosional di dalam menyikapi sebuah masalah, dan Jangan berkata sembarang.
Namun pesan moral yang ingin saya sampaikan pada tulisan ini adalah :

  • Berbuatlah kebaikan kepada setiap orang
  • Berilah kasih kepada semua orang
  • Berilah contoh yang baik bagi orang lain
Agar kita tidak menjadi contoh, sosok, tokoh, ataupun momok yang buruk bagi orang lain dan nama kita tidak menjadi contoh yang buruk serta nama kita tidak disebut-sebut di dalam pertengkaran seekor Anjing dengan seekor Monyet.

Harapannya semoga dengan tulisan ini teman-teman dapat mengimplementasikan di dalam kehidupan kita sehari-hari, tidak hanya retorika belaka.
Sekian dari materi saya kali ini.
Mohon maaf jika ada salah-salah kata/menyinggung perasaan teman-teman.

Sekian dan terima kasih.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar